Membuat game dengan aplikasi Game Guru
SEKOLAH TINGGI TEKNIK
PENGGANTI UAS PEMROGRAMAN GAME
Nama : Marladi Bonadi/Randy Adipraja/Widianingsih
NPM : 11510023/11510031/11510035
Program Studi : Teknik Informatika
Dosen Pengampu : Edi Junaedi, ST., MMSI
Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat
Dalam Mencapai Gelar Setara Sarjana Muda
TANGERANG
2019
3.1 Membuat Latar Dunia (Build Environment and Building)
1.1 Mengenal GameGuru
GameGuru
merupakan salah satu tools pembuat game PC berbasis 3D. GameGuru didesain oleh
tim pengembang indie dari UK, dari para gamer untuk gamer lain dengan tools
yang intuitive (drag & drop) dan cocok untuk para pengguna yang tidak
memiliki dasar programmer maupun artist.
Gambar 1.1: Pengenalan pada situs GameGuru
Kelebihan GameGuru adalah asset library yang
beragam (6 GB), sistem drag-and-drop, juga WYSIWYG memudahkan pengembang baru
dalam mem-buat game pertamanya. Disamping itu, setting yang intuitif terhadap beha-viour
(sifat) karakter baik pada NPC (Non-Playable-Character /AI) maupun karakter user
beserta minimnya coding menjadikan GameGuru tools yang ra-mah terhadap
pengembang baru. Kekurangannya mungkin dibandingkan dari segi gerk sekarang yang lebih halus dan nyata, tampilan hasil GameGuru terlihat
seperti game keluaran tahun 2005. Selain itu, library (bundle) tidak semuanya
langsung didapat ketika membeli GameGuru. Misalnya jika ingin membuat game
dengan tema fantasi atau sci (sains ksi) luar angkasa, harus membeli paket library
yang dimaksud.
Peluang GameGuru sebenarnya cukup besar, apalagi GameGuru sudah menambahkan Virtual Reality Bundle ke dalam jajaran library -nya sehingga memungkinkan hasil ciptaan dari game ini bersaing dalam ranah VR. Karena GameGuru dapat membuat game bertipe MMORPG, ada kemungkinan bah-wa MMORPG berbasis VR dapat dibuat melalui tools ini di masa depan. Saat ini, tipe MMORPG berbasis VR pertama masih dalam tahap pengembangan oleh OrbusVR yang direncanakan akan dirilis tahun 2019 mendatang. Tidak menutup kemungkinan bahwa jika OrbusVR berhasil menjadi pelopor kategori ini, trend MMORPG berbasis VR akan dimulai dan GameGuru bisa menja-di salah satu tools pilihan untuk ikut mengembangkan dan menyumbangkan game-game berbasis VR selanjutnya.
1.2 Instalansi GameGuru
Berikut ini cara menginstal GameGuru:
1. Pastikan DirectX 11 telah terinstal pada
perangkat. Jika belum, silahkan cari dan unduh installer oine -nya di google.com ;
2. Unduh crack GameGuru
terlebih dahulu (penulis menggunakan situs Getintopc.com/GameGuru_v1.01.002_Full_Setup.zip
);
3. Extract le zip dan jalankan Setup;
Gambar 1.2: Installer GameGuru
4. Pilih direktori penyimpanan GameGuru;
Gambar 1.3: Folder penyimpanan GameGuru
5. Silahkan tunggu hingga proses pemasangan
selesai;
6. Didalam folder Readme,
salin berkas steam_api.dll dan steam_api lalu letakkan pada folder instalansi
GameGuru;
Gambar 1.4: Berkas yang harus dipindahkan
7. Silahkan buka aplikasi GameGuru.
Gambar 1.5: GameGuru berhasil terpasang
Flowchart &
Prototype
Berikut
ini owchart dan prototype dalam
game yang dibuat mengguna-kan GameGuru.
2.1 Flowchart
Gambar 2.1: Flowchart
2.2 Prototype
Prototype adalah
model pertama dari produk yang digunakan untuk men-testing konsep atau gambaran
dari ide.
Gambar 2.2: Konsep Prototyping
Dalam pembuatan game ini, penulis menggunakan tiga macam prototype yaitu
Build Environment (lingkungan), Building (bangunan) dan Build Cha-racter (karakter
baik pemain maupun AI).
2.2.1 Build Environment
Prototipe
ini merupakan perencanaan terhadap lingkungan dimana set-ting game dibuat
meliputi vegetasi, kontur tanah, iklim dan sebagainya. Objek vegetasi telah
disediakan oleh library seperti rerumputan, semak belukar, ser-ta pohon pisang
dan kelapa yang umum dijumpai di Indonesia. Selain itu, GameGuru juga telah
menyediakan default settings untuk mendeteksi waktu bermain user sehingga
suasana (pencahayaan) didalam permainan bisa me-nyesuaikan dengan jam pada
perangkat.
Gambar 2.3: Contoh default settings pencahayaan
mengikuti jam
2.2.2 Building
Prototipe
ini merupakan perencanaan terhadap tipe bangunan yang hen-dak digunakan. Karena
game yang hendak dibuat berdasarkan latar jaman kolonial Belanda, umumnya
bangunan seperti rumah dan pos penjaga pada masa tersebut didominasi oleh kayu.
Objek bangunan bisa diambil dari li-brary GameGuru atau membuatnya sendiri
dengan tools pembuat 3D seperti SketchUp.
Gambar 2.4: Bangunan rumah
Gambar 2.5: Bangunan pos penjaga
Gambar 2.6: Stable (tempat menaruh kuda)
2.2.3 Build Character
Prototipe ini merupakan perencanaan terhadap
karakter baik sebagai PC (Player Character) maupun NPC (Non-Playable Character)
. PC merupakan representasi user didalam game sementara NPC tidak bisa
dimainkan sehingga bergerak mengikuti program, misalnya seperti musuh didalam
game. Dalam perencanaan karakter, selain mendesain sik dan ras, terdapat unsur lain se-perti status
(atribut yang digunakan sebagai tolak ukur kekuatan dan daya tahan karakter)
dan senjata (baik senjata jarak dekat maupun jauh).
Gambar 2.7: Desain Player
Character
Gambar 2.8: Desain NPC musuh
Tahapan Pembuatan
Game
1. Jalankan GameGuru;
2. Pertama membuat sumber mata
air. Pilih Shape Mode lalu klik kiri pada mouse + shift bersamaan (ini bersifat
optional, tetapi pemukiman biasanya dekat dengan sumber mata air). Jika ingin
merubah dataran menjadi bukit, tidak perlu menggunakan shift ;
Gambar 3.1: Tool
Shape Mode
Gambar 3.2: Pembuatan sumber mata air
3. Menambahkan objek seperti
pepohonan dan rumah. Pilih [add new en-tity] pada library sehingga muncul
jendela baru. Pepohonan terdapat pada bagian Foliage sementara rumah kayu
termasuk dalam bagian Me-dieval. Pilih objek yang diinginkan dan tekan Ok pada
bagian bawah, maka objek otomatis akan berada dibawah pilihan [add new entity]
un-tuk dimasukkan ke dalam lingkungan game. Jika ingin menambahkan objek
lainnya, silahkan bereksperimen dengan berbagai objek dalam li-brary ini;
Gambar 3.3: Library
Foliage
Gambar 3.4: Contoh penambahan objek
3.2 Membuat Karakter (Build Characters)
Masih dari direktori yang sama, pilih objek dari
Characters. Karena menggunakan library bawaan, maka karakter yang tersedia pun
tidak terlalu beragam tetapi sudah dilengkapi sound eect. Untuk karakter musuh (NPC), silahkan taruh
sembarang karakter yang dipilih. Namun, jika hendak dijadik-an karakter pemain (Player
Character), taruh marker terlebih dahulu sebelum karakter. Dari direktori Markers
pilih Player Start.
Gambar 3.5: Letak Player Start
Gambar 3.6: Perbedaan PC dengan NPC
Perlu diketahui, GameGuru hanya menyediakan satu karakter yang dapat
berperan sebagai karakter user, yaitu Wizard pada Characters bagian Fantasy.
Sebagai alternatif, Developer bisa membuat karakter 3D dengan tools lain lalu
mengimportnya ke dalam GameGuru (pastikan karakter sudah melalui proses rigging
dan animasi sehingga dapat bergerak alami) atau merubah pengguna ke dalam sudut
pandang orang pertama (First Person View ).
Gambar 3.7: Tampilan Playable Character (Third
Person View)
Gambar 3.8: Tampilan
sudut pandang orang pertama (First Person View)
Sementara itu, untuk karakter musuh selain default dari Characters, bisa
juga dikreasikan dari Character Creator pada tab File.
Gambar 3.9: Tool Character Creator
Gambar 3.10: Workspace Character Creator
Uji Coba Game
Dikarenakan
kendala teknis, dengan terpaksa sudut pandang pemain men-jadi First Person View
(hasil karakter user yang telah dibuat tidak bersinergi dengan Blender maupun
Maximo sebagai tempat rigging, sehingga karakter diabaikan).
Gambar 4.1: Karakter representasi user yang
diabaikan
Berikut dibawah ini merupakan screenshot hasil game yang telah dibuat
menggunakan GameGuru.
Gambar 4.2: First Person View
Representasi user
dibekali dengan senjata jarak jauh (busur-panah) terbuat dari kayu. Inti dalam
game To The Tower ini adalah bagaimana
karakter utama menyusup ke dalam base musuh dan mengibarkan bendera kenegaraan.
Selain senjata tradisional ini, user dapat mengambil dan menggunakan senjata
lain baik dari persediaan musuh yang tersembunyi dititik tertentu maupun
melucuti lawan (AI).
Gambar 4.3: Tempat senjata tersembunyi
Gambar 4.4: Mengambil dari lawan yang telah mati
Dari screenshot diatas terlihat bahwa parameter Hit Point (HP) yang
men-jadi penentu karakter mati atau tidak, berfungsi dengan baik. Persediaan am-mo
(peluru) pada senjata pun berkurang per satu kali tembakan. Selain item
(barang) berupa senjata, didalam game juga tersedia item lain seperti pemulih
HP yang bisa digunakan ketika kritis (HP mendekati 0).
Gambar 4.5: Item Medical Kit untuk memulihkan HP
Beralih pada bangunan dengan
latar ala abad pertengahan, setting di-dalam game ini didominasi oleh kayu dan
batu dengan posisi base yang berada ditengah hutan belantara.
Gambar 4.6: Model bangunan didalam game
Gambar 4.7: Percobaan menaiki tangga untuk view
yang lebih luas
Penutup
Demikian tutorial dan pembuatan game ini sudah
terselesaikan untuk tingkat awam (beginner). Jika ingin lebih expert lagi,
silahkan bereksperi-men seperti memanfaatkan script coding lua yang merupakan
koding khusus GameGuru. Selain itu, membaca kumpulan panduan dan sharing dari
para pengguna GameGuru di forum Steam dapat membantu karena tak sedikit yang
membagikan tips dan trik mereka berkaitan dengan tur GameGuru.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca
semua.
Link video tutorial : https://www.youtube.com/watch?v=qBBLYLd7pbY
Link video tutorial : https://www.youtube.com/watch?v=qBBLYLd7pbY
Komentar
Posting Komentar