Membuat game dengan aplikasi Game Guru

SEKOLAH TINGGI TEKNIK
CENDEKIA
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA




PENGGANTI UAS PEMROGRAMAN GAME

Nama : Marladi Bonadi/Randy Adipraja/Widianingsih
NPM : 11510023/11510031/11510035
Program Studi : Teknik Informatika
Dosen Pengampu : Edi Junaedi, ST., MMSI


Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat
Dalam Mencapai Gelar Setara Sarjana Muda
TANGERANG
2019




1.1    Mengenal GameGuru


GameGuru merupakan salah satu tools pembuat game PC berbasis 3D. GameGuru didesain oleh tim pengembang indie dari UK, dari para gamer untuk gamer lain dengan tools yang intuitive (drag & drop) dan cocok untuk para pengguna yang tidak memiliki dasar programmer maupun artist.

Gambar 1.1: Pengenalan pada situs GameGuru

Kelebihan GameGuru adalah asset library yang beragam (6 GB), sistem drag-and-drop, juga WYSIWYG memudahkan pengembang baru dalam mem-buat game pertamanya. Disamping itu, setting yang intuitif terhadap beha-viour (sifat) karakter baik pada NPC (Non-Playable-Character /AI) maupun karakter user beserta minimnya coding menjadikan GameGuru tools yang ra-mah terhadap pengembang baru. Kekurangannya mungkin dibandingkan dari segi gerk sekarang yang lebih halus dan nyata, tampilan hasil GameGuru terlihat seperti game keluaran tahun 2005. Selain itu, library (bundle) tidak semuanya langsung didapat ketika membeli GameGuru. Misalnya jika ingin membuat game dengan tema fantasi atau sci (sains ksi) luar angkasa, harus membeli paket library yang dimaksud.

Peluang GameGuru sebenarnya cukup besar, apalagi GameGuru sudah menambahkan Virtual Reality Bundle ke dalam jajaran library -nya sehingga memungkinkan hasil ciptaan dari game ini bersaing dalam ranah VR. Karena GameGuru dapat membuat game bertipe MMORPG, ada kemungkinan bah-wa MMORPG berbasis VR dapat dibuat melalui tools ini di masa depan. Saat ini, tipe MMORPG berbasis VR pertama masih dalam tahap pengembangan oleh OrbusVR yang direncanakan akan dirilis tahun 2019 mendatang. Tidak menutup kemungkinan bahwa jika OrbusVR berhasil menjadi pelopor kategori ini, trend MMORPG berbasis VR akan dimulai dan GameGuru bisa menja-di salah satu tools pilihan untuk ikut mengembangkan dan menyumbangkan game-game berbasis VR selanjutnya.

1.2    Instalansi GameGuru

Berikut ini cara menginstal GameGuru:

1.   Pastikan DirectX 11 telah terinstal pada perangkat. Jika belum, silahkan cari dan unduh installer o­ine -nya di google.com ;

2.   Unduh crack GameGuru terlebih dahulu (penulis menggunakan situs Getintopc.com/GameGuru_v1.01.002_Full_Setup.zip );

3.   Extract le zip dan jalankan Setup;

Gambar 1.2: Installer GameGuru

4. Pilih direktori penyimpanan GameGuru;

Gambar 1.3: Folder penyimpanan GameGuru

5.   Silahkan tunggu hingga proses pemasangan selesai;

6.   Didalam folder Readme, salin berkas steam_api.dll dan steam_api lalu letakkan pada folder instalansi GameGuru;

Gambar 1.4: Berkas yang harus dipindahkan

7. Silahkan buka aplikasi GameGuru.

Gambar 1.5: GameGuru berhasil terpasang



Flowchart & Prototype

Berikut ini owchart dan prototype dalam game yang dibuat mengguna-kan GameGuru.

2.1 Flowchart
Gambar 2.1: Flowchart


2.2    Prototype

Prototype adalah model pertama dari produk yang digunakan untuk men-testing konsep atau gambaran dari ide.

Gambar 2.2: Konsep Prototyping

Dalam pembuatan game ini, penulis menggunakan tiga macam prototype yaitu Build Environment (lingkungan), Building (bangunan) dan Build Cha-racter (karakter baik pemain maupun AI).

2.2.1     Build Environment

Prototipe ini merupakan perencanaan terhadap lingkungan dimana set-ting game dibuat meliputi vegetasi, kontur tanah, iklim dan sebagainya. Objek vegetasi telah disediakan oleh library seperti rerumputan, semak belukar, ser-ta pohon pisang dan kelapa yang umum dijumpai di Indonesia. Selain itu, GameGuru juga telah menyediakan default settings untuk mendeteksi waktu bermain user sehingga suasana (pencahayaan) didalam permainan bisa me-nyesuaikan dengan jam pada perangkat.


Gambar 2.3: Contoh default settings pencahayaan mengikuti jam


2.2.2     Building

Prototipe ini merupakan perencanaan terhadap tipe bangunan yang hen-dak digunakan. Karena game yang hendak dibuat berdasarkan latar jaman kolonial Belanda, umumnya bangunan seperti rumah dan pos penjaga pada masa tersebut didominasi oleh kayu. Objek bangunan bisa diambil dari li-brary GameGuru atau membuatnya sendiri dengan tools pembuat 3D seperti SketchUp.

Gambar 2.4: Bangunan rumah


Gambar 2.5: Bangunan pos penjaga

Gambar 2.6: Stable (tempat menaruh kuda)


 2.2.3     Build Character

Prototipe ini merupakan perencanaan terhadap karakter baik sebagai PC (Player Character) maupun NPC (Non-Playable Character) . PC merupakan representasi user didalam game sementara NPC tidak bisa dimainkan sehingga bergerak mengikuti program, misalnya seperti musuh didalam game. Dalam perencanaan karakter, selain mendesain sik dan ras, terdapat unsur lain se-perti status (atribut yang digunakan sebagai tolak ukur kekuatan dan daya tahan karakter) dan senjata (baik senjata jarak dekat maupun jauh).


Gambar 2.7: Desain Player Character

Gambar 2.8: Desain NPC musuh




Tahapan Pembuatan Game




 3.1    Membuat Latar Dunia (Build Environment and Building)

1.   Jalankan GameGuru;

2.   Pertama membuat sumber mata air. Pilih Shape Mode lalu klik kiri pada mouse + shift bersamaan (ini bersifat optional, tetapi pemukiman biasanya dekat dengan sumber mata air). Jika ingin merubah dataran menjadi bukit, tidak perlu menggunakan shift ;

Gambar 3.1: Tool Shape Mode


Gambar 3.2: Pembuatan sumber mata air


3.   Menambahkan objek seperti pepohonan dan rumah. Pilih [add new en-tity] pada library sehingga muncul jendela baru. Pepohonan terdapat pada bagian Foliage sementara rumah kayu termasuk dalam bagian Me-dieval. Pilih objek yang diinginkan dan tekan Ok pada bagian bawah, maka objek otomatis akan berada dibawah pilihan [add new entity] un-tuk dimasukkan ke dalam lingkungan game. Jika ingin menambahkan objek lainnya, silahkan bereksperimen dengan berbagai objek dalam li-brary ini;

Gambar 3.3: Library Foliage

Gambar 3.4: Contoh penambahan objek

3.2   Membuat Karakter (Build Characters)

Masih dari direktori yang sama, pilih objek dari Characters. Karena menggunakan library bawaan, maka karakter yang tersedia pun tidak terlalu beragam tetapi sudah dilengkapi sound eect. Untuk karakter musuh (NPC), silahkan taruh sembarang karakter yang dipilih. Namun, jika hendak dijadik-an karakter pemain (Player Character), taruh marker terlebih dahulu sebelum karakter. Dari direktori Markers pilih Player Start.

Gambar 3.5: Letak Player Start

Gambar 3.6: Perbedaan PC dengan NPC

Perlu diketahui, GameGuru hanya menyediakan satu karakter yang dapat berperan sebagai karakter user, yaitu Wizard pada Characters bagian Fantasy. Sebagai alternatif, Developer bisa membuat karakter 3D dengan tools lain lalu mengimportnya ke dalam GameGuru (pastikan karakter sudah melalui proses rigging dan animasi sehingga dapat bergerak alami) atau merubah pengguna ke dalam sudut pandang orang pertama (First Person View ).

Gambar 3.7: Tampilan Playable Character (Third Person View)


Gambar 3.8: Tampilan sudut pandang orang pertama (First Person View)


Sementara itu, untuk karakter musuh selain default dari Characters, bisa juga dikreasikan dari Character Creator pada tab File.


Gambar 3.9: Tool Character Creator




Gambar 3.10: Workspace Character Creator






Uji Coba Game

Dikarenakan kendala teknis, dengan terpaksa sudut pandang pemain men-jadi First Person View (hasil karakter user yang telah dibuat tidak bersinergi dengan Blender maupun Maximo sebagai tempat rigging, sehingga karakter diabaikan).

Gambar 4.1: Karakter representasi user yang diabaikan

Berikut dibawah ini merupakan screenshot hasil game yang telah dibuat menggunakan GameGuru.

Gambar 4.2: First Person View

Representasi user dibekali dengan senjata jarak jauh (busur-panah) terbuat dari kayu. Inti dalam game To The Tower ini adalah bagaimana karakter utama menyusup ke dalam base musuh dan mengibarkan bendera kenegaraan. Selain senjata tradisional ini, user dapat mengambil dan menggunakan senjata lain baik dari persediaan musuh yang tersembunyi dititik tertentu maupun melucuti lawan (AI).

Gambar 4.3: Tempat senjata tersembunyi

Gambar 4.4: Mengambil dari lawan yang telah mati

Dari screenshot diatas terlihat bahwa parameter Hit Point (HP) yang men-jadi penentu karakter mati atau tidak, berfungsi dengan baik. Persediaan am-mo (peluru) pada senjata pun berkurang per satu kali tembakan. Selain item (barang) berupa senjata, didalam game juga tersedia item lain seperti pemulih HP yang bisa digunakan ketika kritis (HP mendekati 0).

Gambar 4.5: Item Medical Kit untuk memulihkan HP

Beralih pada bangunan  dengan latar ala abad pertengahan, setting di-dalam game ini didominasi oleh kayu dan batu dengan posisi base yang berada ditengah hutan belantara.

Gambar 4.6: Model bangunan didalam game

Gambar 4.7: Percobaan menaiki tangga untuk view yang lebih luas



Penutup

Demikian tutorial dan pembuatan game ini sudah terselesaikan untuk tingkat awam (beginner). Jika ingin lebih expert lagi, silahkan bereksperi-men seperti memanfaatkan script coding lua yang merupakan koding khusus GameGuru. Selain itu, membaca kumpulan panduan dan sharing dari para pengguna GameGuru di forum Steam dapat membantu karena tak sedikit yang membagikan tips dan trik mereka berkaitan dengan tur GameGuru.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Link video tutorial : https://www.youtube.com/watch?v=qBBLYLd7pbY

Komentar